Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks cerita fabel menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VII.5 MTs DDI Kanang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan II. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar aktivitas guru dan siswa dapat dilihat dari persentase total skor yang di peroleh pada setiap aspek aktivitas guru dan siswa yaitu aktivitas guru pada siklus I dengan persentase total skor yang diperoleh yaitu 66,66% meningkat menjadi 92,30% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase total skor yang diperoleh yaitu 73,33% meningkat menjadi 86,53% pada siklus II. Selain itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, ini terlihat siswa yang memenuhi KKM (75). Pada siklus I ada 8 orang tuntas yaitu nilai tertinggi yang diperoleh siswa yaitu 81,25 dan terendah 56,25 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 33,33%. Pada siklus II mengalami peningkatan ada 20 orang tuntas yaitu nilai tertinggi yang diperoleh sisa yaitu 87,50 dan terendah 68,75 ,dengan persentase kentuntasan klasikal mencapai 83,33%. Hal tersebut dapat diketahui dari adanya peningkatan rata-rata nilai pada setiap aspek dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VII.5 MTs DDI Kanang tahun ajaran 2021/2022.
Copyrights © 2021