Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penggunaan strategi pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan penguasaan kata kerja bentuk te (te-kei) pada siswa. 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran Make a Match dalam proses pembelajaran kata kerja bentuk te (te-kei).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Banjar pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes, observasi, angket serta wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai siswa sebelum diadakan tindakan adalah 49,50 dengan ketuntasan 0%, pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu 72 dengan ketuntasan 51% dan pada siklus II 81,62 dengan ketuntasan 100% (2) respon siswa sangat positif terhadap strategi pembelajaran Make a Match. Penerapan strategi pembelajaran Make a Match efektif untuk meningkatkan penguasaan kata kerja bentuk te (te-kei) pada siswa.Kata Kunci : penguasaan, te (te-kei), Strategi Pembelajaran Make a Match ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ï¼ˆ1)「Make a Matchã€å¦ç¿’法ã«ã‚ˆã‚‹å¦ç¿’者ã®å‹•詞ã¦å½¢ã®ä½¿ç”¨èƒ½åŠ›ã®å‘上を知るã“ã¨ã€‚2)ã“ã®å¦ç¿’法を用ã„ãŸå ´åˆã®å¦ç¿’者ã®å応をå応明示ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€ãƒãƒ³ã‚¸ãƒ£ãƒ«å›½ç«‹ç¬¬ä¸€é«˜ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹ï¼‘1年生35åã§ã‚る。ã¾ãŸèª¿æŸ»ã¯äºŒå‘¨æœŸã«æ¸¡ã‚‹å®Ÿè·µç ”ç©¶ã§ã‚る。データã¯ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€æŽˆæ¥è¦–察ã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的ãŠã‚ˆã³å®šé‡çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ç ”ç©¶ã®çµæžœï¼ˆ1)ã“ã®ã‚¹ãƒˆãƒ©ãƒ†ã‚¸ãƒ¼ã‚’使用ã™ã‚‹å‰ã®äºˆå‚™ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®å¹³å‡ç‚¹ãŒ49,5点 基準を越ãˆãŸå‰²åˆã¯ï¼ï¼…ã€ç¬¬ä¸€å‘¨æœŸçµ‚了後ã®å¹³å‡ç‚¹ãŒ 72点基準を越ãˆãŸå‰²åˆã¯ï¼•1%ã€ç¬¬äºŒå‘¨æœŸçµ‚了後ã®å¹³å‡ç‚¹ãŒ 81.62点 基準を越ãˆãŸå‰²åˆã¯ï¼‘ï¼ï¼ï¼…。(2)アンケートã«ã‚ˆã‚‹èª¿æŸ»ã§ã¯ã€å¦ç¿’者ã®å応ã¯è‰¯å¥½ã§ã‚ã£ãŸã€‚以上ã®ã“ã¨ã‹ã‚‰ã€ã€ŒMake a Matchã€å¦ç¿’法ã¯å¦ç¿’者ã®å‹•詞ã¦å½¢ã®ä½¿ç”¨èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚有効ã§ã‚ã‚‹ã¨ã„ãˆã‚‹ã€‚keyword : 使用能力, 動詞ã¦å½¢ã€ã€ŒMake a Matchã€å¦ç¿’法
Copyrights © 2015