Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan teknik Talking stick untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa, dan (2) mengetahui respon siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan teknik Talking stick. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Bahasa 3 SMA Pariwisata Saraswati Klungkung tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 42 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) angket/kuesioner, dan (3) tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terjadi peningkatan ketuntasan klasikal yakni 0% pada saat pre-test menjadi 4,8% pada post-test I, 47,6% pada post-test II dan 85,7% pada siklus III, (2) respon secara keseluruhan berada pada kreteria baik, dimana pada setiap siklus siswa memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learing dengan teknik talking stick dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, talking stick, kemampuan berbicara bahasa Jepang è¦æ—¨ ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€(1) å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžä¼šè©±èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚ã«ãƒˆãƒ¼ã‚ングスティック法を使用ã—ãŸCTLå¦ç¿’法ã®é‹ç”¨çжæ³ã€(2) ã“ã®å¦ç¿’法を使用ã—ãŸå¾Œã®å¦ç¿’者ã®å応を知るã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã¯ã€æ•™å®¤å®Ÿè·µæ´»å‹•ã‚’3å‘¨æœŸã«æ¸¡ã‚Šèª¿æŸ»ã—ãŸã‚‚ã®ã§ã‚る。調査ã®å¯¾è±¡ã¯ã€2014年度クルンクンサラスワティ観光高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹11å¹´3組ã®ç”Ÿå¾’42åã§ã‚る。データã¯ã€æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆç”¨ç´™ã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを元ã«å®šæ€§çš„ãŠã‚ˆã³å®šé‡çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ã“ã®ç ”ç©¶ã®çµæžœã¯æ¬¡ã®é€šã‚Šã§ã‚る。(1)ã€€ã‚¯ãƒ©ã‚¹ã®æ¨™æº–値を越ãˆãŸã€äºˆå‚™ãƒ†ã‚¹ãƒˆæ™‚ã®ã‚¯ãƒ©ã‚¹ã®æ¨™æº–値ãŒ0%ã ã£ãŸã®ã«å¯¾ã—ã€ç¬¬1周期終了時標準値を越ãˆãŸã€ãれã¯4,8%ã€ç¬¬2周期ã§47,6%ã€ç¬¬3周期ã§85,7%ã§ä¼šè©±èƒ½åŠ›ãŒé«˜ã¾ã£ã¦ã„ã‚‹ã“ã¨ãŒè¨€ãˆã‚‹ã€‚(2) 生徒ã®å応ã¯ã€ã™ã¹ã¦ã®å‘¨æœŸã‚’通ã˜ã™ã¹ã¦å¤§å¤‰è‰¯å¥½ã§ã€åŠ¹æžœãŒã‚ã‚‹ã¨ã„ã†çµæžœã§ã‚ã£ãŸã€‚以上ã®ã“ã¨ã‹ã‚‰ã€ã“ã®ãƒˆãƒ¼ã‚ングスティック法を使用ã™ã‚‹CTLå¦ç¿’法ã¯ã€ç”Ÿå¾’ã®æ—¥æœ¬èªžä¼šè©±èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚ã«æœ‰åйã§ã‚ã‚‹ã¨è¨€ãˆã‚‹ã€‚keyword : ã‚ーワード:CTLå¦ç¿’法ã€ãƒˆãƒ¼ã‚ãƒ³ã‚°ã‚¹ãƒ†ã‚£ãƒƒã‚¯æ³•ã€æ—¥æœ¬èªžä¼šè©±èƒ½åŠ›
Copyrights © 2016