Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran berbasis problem based learning pada mata kuliah tata bahasa (bunpou) V di jurusan pendidikan bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha tahun ajaran 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun oleh dosen pengampu mata kuliah tata bahasa (bunpou) V sudah memenuhi komponen, kriteria dan proses penyusunan dokumen perencanaan pembelajaran berbasis problem based learning. Kata Kunci : Perencanaan pembelajaran, problem based learning, bunpou è¦æ—¨ ã»ã‚“ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€2015年度ガãƒã‚·ãƒ£æ•™è‚²å¤§å¦æ—¥æœ¬èªžæ•™è‚²å¦ç§‘文法V授æ¥ã«ãŠã‘る。プãƒãƒ–レムãƒãƒ¼ã‚¹ãƒ‰ãƒ©ãƒ¼ãƒ‹ãƒ³ã‚°ã«åŸºã¤ã教案を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。データã¯ã€è³‡æ–™ãŠã‚ˆã³ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ¼ãƒ“ューã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ã“ã®ç ”ç©¶ã®çµæžœã€ã“ã®è¬›ç¾©ã‚’担当ã™ã‚‹è¬›å¸«ã«ã‚ˆã£ã¦ä½œæˆã•ã‚ŒãŸæ•™æ¡ˆã¯å¦ç¿’å†…å®¹ã«æ²¿ã£ãŸã‚‚ã®ã§ã‚ã‚Šã€æ•™æ¡ˆã®å†…容ã¯ã€ãƒ—ãƒãƒ–レムãƒãƒ¼ã‚¹ãƒ‰ãƒ©ãƒ¼ãƒ‹ãƒ³ã‚°ã«åŸºã¤ãã‚‚ã®ã§ã‚る。 keyword :  ã‚ーワード:教案ã€ãƒ—ãƒãƒ–レムãƒãƒ¼ã‚¹ãƒ‰ãƒ©ãƒ¼ãƒ‹ãƒ³ã‚°ã€æ–‡æ³•
Copyrights © 2016