Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan mendengarkan bahasa Jepang melalui penerapan model quantum teaching berbantuan media audio visual, (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model quantum teaching berbantuan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Jepang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IBB 1 SMA Karya Wisata Singaraja yang berjumlah 44 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, kuesioner, dan tes. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model quantum teaching berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Jepang siswa. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian, hasil nilai rata-rata pre-test adalah 59,43. Kemudian nilai rata-rata post-test adalah 71,04 pada siklus I dan 88,06 pada siklus II. Dengan selisih antara nilai pre-test dan post-test adalah 28,63. Oleh karena itu, penerapan model quantum teaching berbantuan media audio visual terbukti efektif dalam meningkatkan kemampun mendengarkan bahasa Jepang. 2) berdasarkan hasil kuesioner, bahwa penerapan model quantum teaching berbantuan media audio visual, dari 44 siswa 52,23% siswa memberikan respon sangat positif, dan 47,73% siswa memberikan respon positif. Kata Kunci : Quantum teaching, Audio visual, Kemampuan mendengarkan ã“ ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ (1) 視è´è¦šæ•™æã‚’使用ã—ãŸQuantum Teaching å¦ç¿’法ã«ã‚ˆã‚‹å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžè´è§£åŠ›ã®å‘上を知るã“ã¨(2) ã“ã®å¦ç¿’法ã«å¯¾ã™ã‚‹å¦ç¿’者ã®å応を知るã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ ã¯ã€ã‚·ãƒ³ã‚¬ãƒ©ã‚¸ãƒ£ã‚«ãƒªãƒ£ã‚¦ã‚£ã‚µã‚¿é«˜ç‰å¦æ ¡è¨€èªžæ–‡åŒ–コース11年生1組ã®ç”Ÿå¾’44åã§ã‚る。データã¯ã€ï¼’å‘¨æœŸã«æ¸¡ã‚‹æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿãƒ»è³ªå•アンケート・テストã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的定é‡çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ç ”ç©¶ã®çµæžœã€(1) 視è´è¦šæ•™æã‚’使用ã—ãŸQuantum Teachingå¦ç¿’法ã¯ã€å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžè´è§£åŠ›ã‚’å‘上ã•ã›ã‚‹ã€‚ã“れã¯ã€äºˆå‚™ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®å¹³å‡ãŒ59,43点ã€ä½¿ç”¨å¾Œä¸€å›žç›®ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®å¹³å‡ã¯71,04点ã€äºŒå›žç›®ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®å¹³å‡ãŒ88,06点ã«ãªã£ãŸã€‚äºˆå‚™ãƒ†ã‚¹ãƒˆã¨æœ€çµ‚ テストã®å¹³å‡ç‚¹ã®å·®ãŒ28,63点ã§ã‚ã£ãŸã€‚ã‚ã®ã‘ã£ã‹ã‹ã‚‰ã€Quantum Teaching å¦ç¿’法 ãŒå¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžè´è§£åŠ›ã®å‘ä¸Šã«æœ‰åйã§ã‚ã‚‹ã“ã¨ãŒã„㈠る. (2)ã“ã®å¦ç¿’法を用ã„ãŸå ´åˆã®å¦ç¿’者ã®å応ã¯ã€ï¼”ï¼”åä¸ã¨ã¦ã‚‚効果ãŒã‚ã‚‹ã¨ç”ãˆãŸå¦ç¿’者ãŒ52.23ï¼…ã€åŠ¹æžœãŒã‚ã£ãŸã¨ç”ãˆãŸå¦ç¿’者ãŒ47.73ï¼…ã§ã‚ã£ãŸã€‚keyword : Quantum Teaching å¦ç¿’法〠視è´è¦šã€è´è§£åŠ›
Copyrights © 2015