Jurnal Ilmiah pesona PAUD
Vol 5, No 1 (2018)

EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK

Wangi, Bunga Melati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2018

Abstract

Junia Selvi, Farida Mayar, Sri Hartati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia DiniFakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Padang Email: juniaselvi@yahoo.com  Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Iqra’ Tunggul Hitam Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, penelitian ini berbentuk eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual memiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh bahwa t hitung  lebih besar dari t tabel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Iqra’ Tunggul Hitam Padang.  Kata kunci: Media Audio Visual, Kemampuan Membaca                                                            Abstract            The purpose of the study was to observe the effect of the balloons on sticks game reading skills of children in kindergarten Darul Falah Padang. The method used is quantitative approach, this study form experiments with quasi experimental design. It is shown that the children in the experimental class that uses the game puncture the balloon has a higher average than the control class that uses a conventional learning. Based on the calculation of the t-test is obtained that t is greater than t table shows that there is a significant effect on the child's reading ability. It can be significant concluded that the use of game puncture the balloon affect the child's development of reading skills in kindergarten Darul Falah Padang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL ILMIAH PESONA PAUD began publishing in March 2012 with p-ISSN no 2337-8301 with a frequency of 6 times a year. This journal was re-managed and published twice a year in the printed and electronic versions in 2018. each of which had p ISSN no 2337-8301 and e ISSN no 2656-1271 by the Department ...