CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
Vol 3, No 1 (2018): Januari 2018

RANCANG BANGUN GAME EDUKASI “MATCHING AKSARA LAMPUNG” BERBASIS SMARTPHONE ANDROID

Agus Mulyanto (Teknokrat Indonesia University)
Apriyadi Apriyadi (Universitas Teknokrat Indonesia)
Purwono Prasetyawan (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2018

Abstract

Abstrak–Aksara Lampung merupakan bentuk tulisan yang memiliki hubungan dengan aksara Pallawa dari India Selatan. Saat ini minat dan keinginan masyarakat terutama di kalangan anak-anak dalam mempelajari Aksara Lampung semakin menurun.Dalam perkembangan teknologi yang ada saat ini, diperlukan sebuah media pendukung pembelajaran yang interaktif dan menghibur dengan tetap mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Android merupakan sistem operasi berbasis open source membebaskan pengguna untuk mengembangkan aplikasi.Tujuan dari penulisan ini adalah membuat game edukasi. GameEdukasi Matching merupakan game mencocokkan gambar dengan menggunakan pengacakan gambar terlebih dahulu. Pengacakan gambar pada game menggunakan algoritma fisher yates.Pengembangan aplikasi game matching Aksara Lampung menggunakan software Construct 2 yang akan dijalankan pada platform Android. Metode pengujian kualitas pada game menggunakan iso 9126. Hasil pengujian kualitas yang diperoleh aspek functionality 100% valid, aspek portability dengan OS Android versi Lolipop, Marshmello, dan Nougat 100% valid, aspek usability diperoleh nilai 95,22%, dan aspek efficiency menunjukan tidak adanya kekurangan memory dan penggunaan CPU oleh aplikasi sebesar 44%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cess

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) contains articles on research results and conceptual studies in the fields of informatics engineering, computer science and information systems. The main topics published include: 1. Information security 2. Computer security 3. Networking & ...