21 st abad memerlukan setiap manusia untuk dapat memperbarui terbaru untuk kecanggihan teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM). PADA 21 st Abad, Sumber Daya Manusia Yang kompeten diperlukan. Pemerintah Indonesia menciptakan kurikulum 2013 untuk menjawab resolusi 21 st pendidikan abad. Selain itu, pemerintah juga mengintegrasikan literasi ke dalam pembelajaran. Kondisi nyata di sekolah menengah atas menunjukkan literasi siswa masih terbatas dan belum diterapkan dengan baik. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah mengembangkan lembar kerja siswa dengan literasi ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa literasi dan menentukan nilai validitas lembar kerja siswa dengan literasi. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Objek penelitian adalah lembar kerja siswa dengan literasi sains pada materi dan pengukuran dengan vektor. Instrumen untuk memvalidasi materi pembelajaran ini adalah lembar kuesioner. Instrumen untuk mengevaluasi validitas terdiri dari empat komponen, yaitu konten yang puas, presentasi, bahasa, dan grafik. The validator untuk review menilai validitas huruf literasi Beroperasi Fisik terdiri Dari Tiga dosen fisika. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif.     Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata lembar kerja siswa dengan validasi literasi ilmiah untuk komponen empat lembar kerja fisik adalah 85,03. Dengan demikian, nilai rata-rata validasi literasi ilmiah lembar kerja siswa dapat diverifikasi dalam kategori sangat baik 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019