Strategi bimbingan dan konseling merupakan serangkaian kegiatan yang disusun secara sistematis yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP YP. Al-Maksum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK yang telah melakukan layanan berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar siswa. Instrument yang digunakan yaitu pedoman wawancara yang dianalisis secara sistematis dan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penelitian.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VII Al-Maksun sudah cukup bagus, hanya terdapat beberapa siswa yang memiliki prestasi yang masih rendah. Penyebabnya adalah kurangnya kesadaran diri dari siswa untuk belajar, dan kemampuan siswa dalam menyerap beberapa mata pelajaran. Strategi guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII Al-Maksum yaitu melakukan pendekatan kepada siswa dalam menciptakan suasana sekolah yang menyenangkan sehingga akan lebih mudah bagi guru BK untuk mengetahui permasalahan lain yang dihadapi siswa. Selanjutnya dilakukan identifikasi dan analisis kebutuhan/permasalahan siswa, kemudian disusun program dalam bentuk RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan), selanjutnya pelaksanaan layanan. Terakhir diberikan penilaian atau evaluasi guna untuk mengetahui sejauh mana kegiatan tersebut telah dicapai serta bagaimana mamfaat yang telah dikerjakan itu.Faktor penghambat pelaksanaan strategi bimbingan dan konseling di kelas VII YP. Al-Maksum yaitu waktu pelaksanaan layaan yang kurang, orang tua siswa yang kurang mendukung kegiatan layanan, dan siswa yang kurang kesadaran diri untuk belajar dan tidak ada keinginan untuk berubah.
Copyrights © 2020