Untuk mencegah masalah pada Bundaran Ale Ale diperlukan evaluasi pada kinerja bundaran. Penelitian ini mengkaji kinerja Bundaran Ale Ale pada kondisi sekarang tahun 2020 dan kondisi akan datang pada tahun 2035. Survei dilakukan 5 hari pukul 06.00-18.00. Dianalisa berdasarkan MKJI 1997 dan simulasi dengan Software Vissim, kemudian disusun rencana alternatif perbaikan bundaran. Berdasarkan hasil survei didapat volume jam sibuk di hari Senin jam 16.00-17.00. Derajat kejenuhan tertinggi pada tahun 2020 adalah 0,65, tundaan bundaran 9,57 detik/smp dan peluang antrian 10%-24% artinya kondisi lalu lintas Bundaran Ale-Ale masih memenuhi MKJI 1997 (DS<0,75). Dilakukan proyeksi 15 tahun yang akan datang tahun 2035 untuk mengantisipasi masalah lalu lintas yang akan terjadi dan didapat nilai derajat kejenuhan 0,79, tundaan bundaran 12,16 detik/smp dan peluang antrian 17%-39%. Kemudian dilakukan perbaikan pada tahun 2035, alternatif pertama perbaikan geometrik bagian jalinan didapat derajat kejenuhan 0,67, tundaan bundaran 10,81 detik/smp dan peluang antrian 12%-26%. Alternatif kedua perencanaan ulang bundaran sesuai MKJI 1997 didapat derajat kejenuhan sebesar 0,65, tundaan bundaran 10,70 detik/smp dan peluang antrian 12%-26%. Direkomendasikan perbaikan bundaran tahun 2035 dengan alternatif perencanaan ulang bundaran sesuai MKJI 1997, karena memiliki kinerja dan tingkat pelayanan yang memenuhi.Kata Kunci: bundaran, simpang, kinerja, MKJI 1997
Copyrights © 2021