Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 3, No 2 (2016): Pedagogi

PENERAPAN METODE “DIKSI” (DISKUSI, AKSI, DAN REFLEKSI) SISWA KELAS VIII SMPN 1 CINIRU

Mulyati, Eti Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2016

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1). Mendeskripsikan penerapan metode “DIKSI” dalam pembelajaran membacakan puisi. 2). Meningkatkan kualitas proses pembelajaran membacakan puisi. 3). Meningkatkan kompetensi siswa dalam keterampilan baca puisi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Ciniru, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat. Tempat penelitian ini adalah tempat belajar siswa berupa ruang kelas dan halaman sekolah. Waktu penelitian berlangsung pada semester genap tahun pelajaran 2014 / 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 30 orang, terdiri atas 14 putra dan 16 putri. Kemampuan akademik subjek penelitian relative rendah dengan rata-rata nilai kelulusan di SMP 6,27, dan nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia 5,61.Setelah tindakan dilakukan pada siklus I, ada peningkatan rasa puas pada diri siswa. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti ataupun kolaborator, peningkatan rasa puas siswa dapat dilihat dari ekspresi wajah dan reaksi spontan siswa seperti tertawa atau bertepuk tangan. Siswa juga terlihat lebih senang dalam mengikuti proses pembelajaran.Kata Kunci :Metode DIKSI

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...