Penelitian ini membahas tentang manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar (2) menemukan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar (3) menemukan dan memberikan solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan dilihat dari jenis data analisisnya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan ilmu manajemen yang menerapkan empat fungsinya: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar berada pada tahap pengembangan baik dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi, namun begitu banyak kendala yang dihadapi seperti waktu pelajaran yang kurang, lingkungan berbahasa, guru tidak sesuai latar belakang pendidikan namun kami memberi solusi seperti membuat pembelajaran semenarik mungkin, menciptakan lingkungan berbahasa, membuat peraturan berbahasa yang ketat dan menghadirkan native speaker.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021