Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa
Vol 1, No 2 (2021)

Pengaruh pembelajaran daring dalam mengatasi kesulitan belajar siswa

Sifa Fauziah (Universitas Indraprasta PGRI)
Miskanik Miskanik (Universitas Indraprasta PGRI)
Veno Dwi Krisnanda (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket pembelajaran daring dan kesulitan belajar sebanyak 32 butir angket dengan menggunakan model skala Likert. Hasil analisis data perhitungan menggunakan SPSS peneliti mendapatkan nilai korelasi sebesar 0,409 dan diperoleh koefisien sebesar 0,167  yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel pembelajaran daring dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Islam As-Syafi’iyah 01 Jakarta adalah sebesar 16,7% atau dapat dikatakan berpengaruh antara pembelajaran daring dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian ini berguna untuk sekolah dalam melakukan pembelajaran daring agar lebih efektif guna membantu mengembangkan  potensi dan  mengentaskan permasalahan siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

orien

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI bekerja sama dengan Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Universitas Indraprasta PGRI. ISSN: 2798-8643 (print) ISSN: 2798-8686 (online). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana ...