Sebatik
Vol 25 No 2 (2021): Desember 2021

PROFIL EFEKTIVITAS PLATFORM BLENDED LEARNING BERBASIS TKP-KELASE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

I Putu Wisna Ariawan (Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha)
Dewa Gede Hendra Divayana (Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha)
P Wayan Arta Suyasa (Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil efektivitas platform blended learning berbasis TKP (Tri Kaya Parisudha)-Kelase pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pada tahap pelaksanaan kegiatan, hal-hal yang dilakukan meliputi: pemilihan subjek dilakukan secara acak dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan Matematika yang diukur dengan memperhatikan skor hasil tes Matematika; melaksanakan pembelajaran menggunakan platform blended learning berbasis TKP-Kelase dan wawancara pada subjek; dan melakukan triangulasi data. Hasil penelitian ini menemukan bahwa profil efektivitas platform blended learning berbasis TKP-Kelase pada pembelajaran Matematika memenuhi standarisasi pada 3 kategori yaitu Kriteria Pendidikan (Educational Criteria), Tampilan Program (Cosmetic), dan Kualitas Teknis (Technique Quality). Adapun profil efektifitas nya adalah: Topik-topik materi untuk setiap jenjang pendidikan SMA/SMK yang dimasukkan dalam blended learning sudah sesuai dengan kurikulum 2013 (EC1); Materi pembelajaran Matematika sudah tersusun dari tingkat kesulitan terendah sampai dengan tertinggi (EC2); Konsep Manacika, Wacika, dan Kayika sudah mampu menginternalisasi dalam proses pembelajaran melalui fitur-fitur yang disediakan dalam blended learning yang dibuat dengan platform kelase (EC3, EC4, dan EC5); Tampilan blended learning menarik (C1); Blended learning mudah diakses (C2); Penyimpanan data pada blended learning stabil (C3); Keamanan data terjaga (C4); Dapat digunakan oleh multi user dalam waktu bersamaan (C5); Fitur-fitur blended learning yang dibuat menggunakan platform Kelase mudah dioperasikan (TQ1); Blended learning menyediakan fasilitas yang memudahkan untuk mengunggah tugas (TQ2); Blended learning menyediakan fasilitas forum diskusi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa (TQ3).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sebatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan ...