Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 8, No 1, April (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MELALUI BAHAN AJAR STEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIS

Ruhban Masykur (Universtas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Ratna Wati (Universtas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Suherman Suherman (Universtas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
08 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM terhadap penguasaan konsep matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik acak kelas, sehingga kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 menerapkan model cooperative script, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 menerapkan model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM dan kelas VII A sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Anova diperoleh nilai Fhitung = 7,1075 3,12 = Ftabel, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM terhadap  penguasaan konsep matematis peserta didik. Pengujian dilanjutkan dengan uji scheffe’ dengan penerimaan µ1 Vs µ2 serta penolakan µ1 Vs µ3 dan µ2 Vs µ3. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM memberikan kemampuan penguasaan konsep matematis yang lebih baik dibandingan dengan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...