Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia
Vol. 2 No. 3 (2016): NOVEMBER

Perception and preferences teachers in Tana Tidung district based on lesson study applications by the motivation and attitude for professionalism development of boundary region teacher

Vlorensius Vlorensius (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara)
Endik Deni Nugroho (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara)
Kadek Dewi Wahyuni Andari (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2017

Abstract

Salah satu kegiatan pengembangan profesi guru adalah membuat karya tulis di bidang pendidikan. Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung awal tahun 2015 telah memulai program profesionalisme guru-guru melalui kegiatanLesson study. Kegiatan ini merupakan salah satu cara pembinaan profesi pendidik dan memperbaiki mutu proses pembelajaran melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar di seluruh sekolah dan guru-guru Kabupaten Tana Tidung. Kegiatan ini sudah berjalan selama 1 tahun namun belum menunjukkan tolak ukur keberhasilan dalam meningkatkan profesionalisme guru-guru di Kabupaten Tana Tidung. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Waktu Penelitian maret- oktober 2016. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pengumpulan data dan tahap analisis data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa guru-guru Kabupaten Tana Tidung sangat menyukai dan minat pada kegiatan Lesson study, dan mayoritas bersedia menjadi guru model dan observer dalam kegiatan lesson study. Preferensi mayoritas guru terhadap kebermanfaatan lesson study adalah untuk meningkatkan mutu guru dan mutu pembelajaran. Berdasarkan analisis Persepsi tentang daya Tarik terhadap kegiatan lesson study sebagian guru-guru mengikuti dan melaksanakan lesson study mempunyai kegiatan lesson study memberi manfaat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Berdasarkan Analisis faktor dengan tiga subskala yaitu minat, kompetensi dan upaya menunjukan guru berpendapat bahwa melaksanakan kegiatan  lesson study yang efektif dapat memberikan respon positif dari siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpbi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), ISSN 2442-3750 (print); ISSN 2527-6204 (online), publishes a scientific papers on the results of the study/research and review of the literature in the sphere of biology education in primary education, secondary education, and higher education. ...