ABSTRAK Saat ini, persaingan ketat dalam merebut pelanggan Operator Seluler. Hal ini mengharuskan para operator meningkatkan kualitas, baik dari sisi jaringan, kecepatan, hingga tarif yang paling sesuai. Telkomsel merupakan salah satu Market Leader didunia Operator Seluler oleh karena itu penulis melakukan penelitian pada para pengguna Telkomsel.Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu untuk mengetahui variabel mana diantara Variabel Harga dan Variabel Kualitas Produk yang paling mempengaruhi pelanggan telkomsel tetap menggunakan telkomsel sehingga dapat dinyatakan sebagai pelanggan yang Memiliki Loyalitas. Penelitian ini dilakukan di kota Cimahi dengan data pelanggan telkomsel cukup banyak walaupun dengan Jumlah wilayah kecamatan yang sedikit dan luas wilayah tidak besar, Metode penelitian Kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penyebaran Kuisioner bagikan kepada para pelanggan telkomsel. Dalam penelitian ini Penggunaan SPSS sebagai media untuk mengolah data. Untuk hasil penelitian menunjukan pengaruh harga dan kualitas produk positif. Namun sesuai hasil hitung menggunakan SPSS bahwa faktor kualitas produk paling mempengaruhi pelanggan tetap loyal menggunakan telkomsel. Kata Kunci: Harga, Kualitas produk, loyalitas pelanggan Abstract At present, competition is fierce in capturing Cellular Operator customers. This requires operators to improve quality, both in terms of network, speed, to the most appropriate tariff. Telkomsel is one of the Market Leaders in the world of Cellular Operators, therefore the author conducts research on Telkomsel users. The purpose of this study is to determine the effect of price and product quality on customer loyalty. In addition, to find out which variable between the Price Variable and the Product Quality Variable that most influences Telkomsel customers, it still uses Telkomsel so that it can be stated as a customer who has Loyalty. This research was conducted in the city of Cimahi with quite a lot of Telkomsel customer data even though the number of sub-districts is small and the area is not large, the quantitative research method used in this study. Distribution of Questionnaires distributed to Telkomsel customers. In this study the use of SPSS as a medium for data processing. For the results of the study showed the positive influence of price and product quality. But according to the results of calculations using SPSS that the product quality factor most influences customers remain loyal using Telkomsel.Keywords: Price, product quality, customer loyalty
Copyrights © 2020