Pengabdian ini untuk mengetahui terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui supervisi akademik di SMK Negeri 2 Gorontalo, maka pengabdiannya dilakukan dalam dua siklus yang masingmasing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi.Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru produktif dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal ini didasarkan pada hasil penilaian melalui Rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama Supervisi Akademik pada siklus 1 yang mencapai nilai 100, yang berarti berada pada katagori baik dan hasil penilaian pada siklus 2 yang mencapai nilai 145 yang berarti kategori sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021