REFLEKSI EDUKATIKA
Vol 8, No 2 (2018): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Juni 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Ika Ari Pratiwi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus)
Sekar Dwi Ardianti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus)
Moh. Kanzunnudin (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa menggunakan model project based learning berbantuan edutainment. Metode penelitian yang digunakan control group post-test  design, yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil uji-t analisis kemampuan kerjasama menunjukkan bahwa nilai t-hitung 3,279 lebih besar dari t-tabel 2,011 dan  analisis hasil belajar siswa dengan uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung 2,854 lebih besar dari t- tabel 2, 011. Maka terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kerjasama dan nilai post test siswa kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kudus.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Education

Description

Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan menampung artikel ilmiah hasil penelitian dan/atau gagasan ilmiah dari Akademisi Perguruan Tinggi, Peneliti dan Guru-guru Sekolah Dasar dari seluruh Indonesia dan/atau dari luar negeri. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan terbit secara ...