Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan MIPA

SIMPLE CHATBOT DEVELOPMENT TO HELP STUDENTS UNDERSTANDING EDUCATIONAL RESEARCH METHODOLOGY

Muhammad Izzatul Faqih ((Scopus ID: 42061278500) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Mustofa Mustofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan chatbot sederhana untuk membantu mahasiswa memahami metodologi penelitian pendidikan, (2) Mengetahui kelayakan chatbot sederhana untuk membantu mahasiswa memahami metodologi penelitian pendidikan, (3) Mengetahui respon chatbot sederhana untuk membantu mahasiswa memahami metodologi penelitian pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Developement (RND). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian aplikasi tersebut layak digunakan yaitu ditandai dengan skor 4,425 yang diberikan oleh 4 ahli teknologi. Pada penilaian SUS aplikasi secara adjective rating bernilai excellent, dengan grade scale bekategori B dan acceptability ranges masuk pada acceptableKata kunci: chatbot, metodologi penelitian pendidikan

Copyrights © 2020