Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan MIPA

KONTRIBUSI VIRTUAL LABORATORY PADA PEMBELAJARAN GUIDED-INQUIRY MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Nafilatul Arfa (Universitas Negeri Semarang)
Harjono Harjono (Universitas Negeri Semarang)
Woro Sumarni (Universitas Negeri Semarang)
Murbangun Nuswowati (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi aplikasi virtual laboratory pada pembelajaran guided-inquiry terhadap hasil belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) siswa. Desain penelitian menggunakan pre-test post-test control group design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2018/2019, dengan sampel penelitian yaitu XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. kelas eksperimen dilakukan pembelajaran guided-inquiry berbantuan virtual laboratory disertai demonstrasi, kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan guided-inquiry dengan metode demonstrasi. Kedua kelas melakukan eksperimen riil setelah pemberian perlakuan. Metode pengumpulan data melalui tes bentuk two-tier, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar dan KBK kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dan diperoleh bahwa virtual laboratory pada pembelajaran guided-inquiry berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 14,57% dan kontribusi terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 20,54%.Kata kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Guided-Inquiry, Virtual Laboratory

Copyrights © 2020