Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 2, No 2 Okt (2021)

Penerapan Problem Based Learning dan Window Shopping untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik

Nur Ika Sulistyaratih (SMPN 9 Muara Teweh)
Adnan Adnan (Universitas Negeri Makassar)
Sehalyana Sehalyana (SMP Negeri 30 Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi pada Manusia di kelas IX A SMPN 9 Muara Teweh. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model Problem Based Learning dan metode Window Shopping. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas observasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar siklus I 60,00, Siklus II 79,16 dan siklus III 86,66. Ketuntasan hasil belajar yang didapatkan adalah 58,33% pada siklus I, menjadi 83,33 % di siklus II dan 91,66 % di siklus III. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan metode Window Shopping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Sistem Reproduksi pada Manusia di kelas IX A SMPN 9 Muara Teweh.Kata Kunci : Problem Based Learning , window shopping, hasil belajar, ketuntasan belajar, Sistem reproduksi pada Manusia

Copyrights © 2021