Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 2, No 1 Apr (2021)

Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model PBL di Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Tiodora Tiodora (SMPN 1 Sekadau Hilir)
Syamsiah Syamsiah (Universitas Negeri Makassar)
Wahyuni Limonu (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik denganmenggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekadau Hilir pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan model Problem Based Learning. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dekskriptif, yaitu dengan Melakukan Analisis terhadap hasil belajar dengan cara membandingkan hasil belajar pada tiap siklus. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dilihat dari nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 62,00 meningkat disiklus yang ke II sebesar 69,00 dan sebesar 73,00 disiklus yang III.Kata Kunci: PBL, Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup

Copyrights © 2021