Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 3, No 1 Apr (2022)

Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mengerjakan LKPD Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Anifatul Fitroh (SMP Muhammadiyah 5 Cepiring)
Andi Asmawati Azis (Universitas Negeri Makassar)
Sitti Marliyah (SMPN 26 Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan dan respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran menggunakan LKPD materi struktur dan fungsi tumbuhan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan (1) penerapan model pembelajaran problem based learning tergolong baik dan berhasil dilihat dari pemenuhan kriteria keterlaksanaan langkah pembelajaran dan skor yang dihasilkan. (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran problem based learning dalam dikatakan positif. Hal ini disebabkan oleh adanya situasi yang memungkinkan terjadinya kegiatan belajar optimal dengan suasana interaktif dan proses tanya jawab terus menerus.Kata kunci : Problem Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Copyrights © 2022