Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 2, No 2 Okt (2021)

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Problem Based Learning (PBL) Terhadap Materi Hukum Newton

Nelvia Saputri Siregar (SMP Negeri 3 Lingga)
Syamsiah Syamsiah (Universitas Negeri Makassar)
Wahyuni Limonu (SMP Negeri 29 Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Problem Based Leraning (PBL) terhadap materi Hukum Newton pada peserta didik kelas VIII MTs Aqidatunnajin Daik. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I, siklus II, siklus III diperoleh persentasi ketuntasan belajar peserta didik berturut-turut 66,67% menjadi 75% akhirnya 83,33%. Dari data peneltitian dapat disimpulkan bahwa model PBL mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Aqidatunnajin Daik terhadap materi Hukum Newton.Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Problem Based Leraning (PBL)

Copyrights © 2021