Publikasi Pendidikan
Vol 11, No 3 (2021)

Kunjungan Rumah sebagai Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Dusun Wonorejo, Ngawi , Jawa Timur

Sudarti Sudarti (Universitas Jember)
Sumarjono Sumarjono (Universitas Jember)
Alfia Ulfa (Universitas Jember)
Karina Laksmiari (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2021

Abstract

Pembelajaran di masa pendemi covid-19 menimbulkan beberapa permasalahan bagi anak-anak, baik dari segi proses pembelajaran, minat belajar siswa, masalah teknis, hingga minimnya fasilitas pendukung daring. Sebagai solusi, dilaksanakan kunjungan rumah untuk melakukan pendampingan belajar anak-anak di Desa Wonorejo, Ngawi, Jawa Timur.  Jumlah siswa yang mengikuti pendampingan adalah 16 siswa SD dan 9 siswa SMP.  Kegiatan ini  dilaksanakan selama 6 minggu dengan frekuensi 3x per minggu. Tahapan pelaksanan kegiatan ini meliputi: 1) identifikasi masalah, 2) perencanaan kegiatan, 3) sosialisasi kegiatan, 4) pelaksanaan pendampingan, 5) evaluasi. Hasil pendampingan belajar menunjukkan bahwa, siswa lebih semangat dalam mengerjakan tugas sekolah, hasil belajar siswa juga menjadi lebih baik setelah mengikuti program ini, orang tua siswa merasa lebih mudah untuk membimbing anaknya dalam mengerjakan tugas sekolah. Secara umum dapat disimpulkan, kegiatan ini memberikan respon postif bagi siswa dan orang tua.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...