Fondasi: Jurnal Teknik Sipil
Vol 8, No 2 (2019)

Stabilisasi Tanah dengan Penambahan Slag Semen Ksi serta Pengaruhnya terhadap Nilai Kuat Tekan Bebas (Studi Kasus: Jl. Munjul, Kp. Ciherang, Desa Pasir Tenjo, Kecamatan Sindang Resmi, Kabupaten Pandeglang)

Rama Indera Kusuma (Jurusan Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Enden Mina (Jurusan Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mohamad Ainal Yaqien (Jurusan Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Dalam konstruksi sipil, tanah memiliki peranan penting. Tanah berfungsi menahan beban akibat bangunan, seperti pada pada konstruksi jalan raya, bendungan tipe urugan, dan timbunan saluran irigasi, sehingga kuat atau tidaknya bangunan konstruksi ini juga dipengaruhi oleh kondisi tanah yang ada. Untuk mencapai suatu kondisi tanah yang memungkinkan, maka tanah tersebut harus melalui suatu proses stabilisasi tanah.Penelitian ini meninjau kerusakan jalan yang terjadi di Jalan Munjul – Sindang Resmi, Kabupaten Pandeglang dan bertujuan untuk mengetahui klasifikasi dan jenis tanah berdasarkan sistem klasifikasi USCS dengan melakukan pengujian analisa besar butir, batas – batas atterberg, uji pemadatan, serta uji kuat tekan bebas (UCT) yang bertujuan untuk mengetahui nilai kuat tekan bebas (Qu) tanah sebelum dan sesudah di stabilisasi menggunakan slag semen KSI dengan variasi persentase 0%, 10%, 20%, dan 30%dan waktu pemeraman 0, 7, 14, dan 28 hari.Dari hasil pengujian fisik tanah diperoleh klasifikasi tanah pada Jalan Munjul termasuk kedalam jenis OH menurut sistem klasifikasi USCS yaitu tanah lempung organik dengan plastisitas tinggi, dan hasil uji kuat tekan bebas didapat nilai Qu optimum pada kadar slag semen 20% dengan waktu pemeraman 7 hari, yaitu sebesar 4,53 kg/cm2 dengan persentase kenaikan 169,64%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jft

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Transportation

Description

Terbitan berkala yang mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengembangan sains dan teknologi dalam bidang teknik sipil (Struktur, Transportasi, Geoteknik, Sumber Daya Air dan Manajemen Konstruksi) sebagai bentuk kekayaan intelektual. Diterbitkan sebanyak 2 kali dalam satu tahun ...