Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)
Vol. 2 No. 1 (2012)

PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISKUSI DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA

Utama Alan Deta (Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya)
Nadi Suprapto (Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2012

Abstract

Model pembelajaran diskusi menitikberatkan pada keaktifan siswa. Dalam model pembelajaran diskusi, diperlukan kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat dan menghargai pendapat orang lain. Dengan demikian, secara teori, dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model diskusi memerlukan kecerdasan interpersonal yang tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model diskusi dengan pembelajaran biasa; kecerdasan interpersonal siswa tinggi dan rendah; serta interaksi antara keduanya. Penelitian ini menggunakan control group post-test,yakni menggunakan satu kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian diuji hasil belajar siswa dengan soal formatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran fisika model diskusi dengan pembelajaran biasa; tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan kecerdasan intrapersonal tinggi dan rendah; dan terdapat interaksi antara model pembelajaran diskusi dengan kecerdasan interpersonal siswa terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPFA

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) is available for free (open access) to all readers. The articles in JPFA include developments and researches in Physics Education, Classical Physics, and Modern Physics (theoretical studies, experiments, and its applications), including: Physics ...