Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui apakah penerapan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan  hasil belajar IPA konsep Sistem Gerak Pada Manusia, dan mengetahui apakah penerapan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan  keaktifan belajar IPA konsep Sistem Gerak Pada Manusia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dimana disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk menguji sejauh mana keberhasilan hasil tindakan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kedungwuni. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan angket siswa. Dari hasil analisis didaptkan bahwa keaktifan siswa meningkat dari skala rendah pada pra siklus menjadi skala tinggi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar juga meningkat , pra siklus (69,71), siklus I (74,86), dan siklus II (85,3). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW)   dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kedungwuni.The purpose of this research is to know whether the implementation of Think Talk Write strategy can improve the science learning result of Motion System concept in human, and to know whether the implementation of Think Talk Write strategy can improve science learning activity of concept of Motion System in Humans. This research uses Classroom Action Research method (PTK) consist of 2 cycles. Each cycle consists of 2 meetings. Where at the end of each cycle is evaluated to test the extent to which the outcome of action results. The subjects of this study are students of class VIII B SMP Negeri 1 Kedungwuni. The data obtained are formative test result, student activity observation sheet, observation sheet of teacher activity, and student questionnaire. From the analysis result it can be concluded that students' activity increased from low scale at pre cycle to high scale in cycle I and cycle II. Learning outcomes also increased, pre cycle (69,71), cycle I (74,86), and cycle II (85,3). The conclusion of this research is the application of Think Talk Write (TTW) method of learning can improve the activity and learning outcome of science in grade VIII B students of SMP Negeri 1 Kedungwuni.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017