JURNAL PROFESI KEGURUAN
Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Profesi Keguruan

Upaya Meningkatkan Minat Membaca siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Infografis Pada Pembelajaran Sejarah

Hikmah, Noor (Unknown)
Kusumastuti, Ika Widya (Unknown)
Atmadja, Hamdan Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1)mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan infografis pada pembelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS 1 SMA Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2017/2018. (2)menjelaskan peningkatan minat membaca pada pembelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS 1 SMA Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2017/2018 setelah melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan infografis. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat membaca peserta didik setelah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbatuan infografis. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase hasil analisis angket respon peserta didik dari siklus I ke II, rata-rata presentase hasil analisis lembar pengamatan observer (guru sejawat) terhadap peserta didik selama KBM dari siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 8%, dan hasil analisis rata-rata presentase pengamatan observer terhadap guru kelas selama KBM di kelas mengalami peningkatan sebesar 3%. Adanya minat peserta didik ini juga dapat dilihat ciri-ciri seseorang yang memiliki minat menurut Walgito, dari 5 indikator yang ada terdapat 3 indikator dari hasil analisis angket respon peserta didik yang tidak terdapat peningkatan. Meskipun demikian, ketiga indikator tersebut telah memenuhi kriteria indikator pencapaian dalam penelitian ini yaitu cukup, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat membaca, meskipun tidak terlalu signifikan. Saran yang dapat diberikan yaitu media infografis mengenai Kerajaan Demak dan Kerajaan Lombok yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Profesi Keguruan is scientific publication works in the education world by teachers, professors, and the society. Scientific papers published in this journal is an article the results of research or innovative and progressive ideas in the field of formal education. The article can be a ...