QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 12, No 2 (2021): Oktober 2021

PENGARUH PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING DAN KEMAMPUAN SCIENTIFIC ARGUMENTATION

Magfirah Magfirah (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako)
Dewi Satria Ahmar (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako)
Vivi Dia Aprianti Sangkota (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) gambaran kemampuan scientific reasoning dan scientific argumentation mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model flipped classroom collaborative learning (b) Ada atau tidaknya pengaruh implementasi model flipped classroom collaborative learning terhadap kemampuan scientific reasoning dan scientific argumentation  mahasiswa. Penelitian ini adalah quasy-experiment dengan desain two-group posttest only design. Populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia Universitas Tadulako tahun akademik 2020/2021 semester genap. Sampel penelitian terdiri dari 21 mahasiswa di kelompok control dan 21 mahasiswa di kelompok eksperimen. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah The Lawson classroom test of scientific reasoning (LCTSR) dan Test of Scientific Argumentation . Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan  statistik inferensial menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan scientific reasoning dan kemampuan mahasiswa di kelompok eksperimen lebih tinggi daripada di kelompok control. Pada kelompok eksperimen rata-rata kemampuan scientific reasoning mahasiswa yaitu 66,45 dan pada kelompok kontrol 53,27. Pada kelompok eksperimen rata-rata kemampuan scientific argumentation  yaitu 63,32 dan pada kelompok kontrol 52,82. Selain itu. Hasil uji independent sample t-test, nilai signifikansi terhadap data kemampuan scientific reasoning mahasiswa adalah 0,029 (<0,05) dan nilai signifikansi terhadap data kemampuan scientific argumentation mahasiswa adalah 0,042 (<0,05). Oleh karena itu disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model flipped classroom-collaborative learning terhadap kemampuan scientific reasoning dan kemampuan scientific argumentation.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...