QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 12, No 2 (2021): Oktober 2021

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN ANALISIS VEKTOR UNTUK GERAK

Fine Eirene Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Erni Kusrini Sitinjak (Univeristas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Analisis Vektor Untuk Gerak di tingkat SMA dengan penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya. (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 07 Dolok Batu Nanggar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang menekankan pada kegiatan (tindakan) dengan mengujicobakan suatu ide kedalam praktek atau situasi nyata dalam mikro, yang diharapkan kegiatan tersebut mampu memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar. Instrument yang dilakukan pada penelitian ini berupa test (dipakai untuk mengukur kemampuan siswa baik kemampuan awal maupun peningkatan kemampuan siswa pada akhir siklus tindakan). Tes yang digunakan disusun dalam bentuk pilihan berganda dengan lima pilihan yang terdiri dari 10 soal. Data yang diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada pretes adalah 45,6096 dan pada postes I rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,7073 sehingga persentase peningkatan hasil belajar siswa adalah 57,2190 %. Untuk data postes II juga diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 81,4634 sehingga presentasi peningkatan hasil belajar siswa adalah 13,61%. Oleh karena itu metode pembelajaran Tutor Sebaya dengan alur penelitian tidakan kelas dapat menjadi pedoman bagi guru untuk membantu proses belajar mengajar di kelas. Bagi siswa, metode pembelajaran Tutor Sebaya dengan alur penelitian tidakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...