Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 2 (2020): Agustus

MODEL KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED (KWL) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERITA PENDEK SISWA SMP KELAS IX

Hani Ledina (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ma'mur Saadie (Unknown)
Sumiyadi Sumiyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan memaparkan penggunaann model Know, Want to Know, Learned (KWL) dalam pembelajaran membaca cerita pendek siswa SMP kelas IX. Metode penelitian menggunakan kajian literasi pustaka. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil penelusuran pustaka dan hasil penelitian-penelitian relevan dilanjutkan dengan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, model yang digunakan dalam pembelajaran membaca cerpen adalah diskusi. Hal ini membuat pemahaman siswa dari teks yang dibacanya tidak terbangun. Berdasarkan karakteristiknya, model KWL memiliki kesesuaian dengan tujuan pembelajaran membaca teks cerpen yaitu membangun pemahaman siswa. Pembelajaran membaca cerita pendek dengan menggunakan model Know, Want to Know, Learned (KWL) membuat siswa lebih akif  karena dengan menggunakan model KWL guru dapat mengarahkan siswa belajar aktif dan siswa lebih mudah dalam mengidentifikasi informasi yang didapatkan dengan baik. Kata kunci: KWL, cerita pendek

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BAHTERASIA

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for science advancement in one of the ...