Masalah yang dihadapi siswa yaitu kesulitan mengidentifikasi dan menemukan solusi dalam penyelesaian soal-soal tingkat tinggi karena tidak terbiasa menjawab soal-soal menggunakan beberapa rumus dalam tahap penyelesaiannya. Permasalahan tersebut dapat terjadi karena siswa kurang melatih diri untuk menyelesaikan soal-soal tingkat tinggi yang memerlukan pemahaman dalam selesaiannya. Oleh sebab itu, model Discovery Learning perlu diterapkan agar siswa dapat menyelesaikan soal-soal dengan pemahaman yang mendalam serta, siswa diharapkan menemukan dan menggaplikasikan pemahamannya untuk menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi. Penerapan model tersebut diterapkan pada materi transformasi di kelas XI IA-4 SMAN 4 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa melalui model Discovery Learning pada materi Transformasi di kelas XI SMAN 4 Banda Aceh, dan 2) mengetahui level kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Discovery Learning pada materi Transformasi di kelas XI SMAN 4 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah One Shoot Case Study melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 4 Banda Aceh dengan sampel 29 siswa kelas XI IA-4 yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknik analisis data untuk melihat ketuntasan hasil belajar yang diukur dengan uji-t dan level kemampuan berpikir kritis diukur dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Pengujian dilakukan menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf. Kesimpulan yang ditarik bahwa 1) hasil belajar siswa pada materi Transformasi melalui model Discovery Learning di SMAN 4 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan, dan 2) level kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Discovery Learning di SMAN 4 Banda Aceh berkategori sanggat tinggi 3,45% (1 orang), kategori tinggi 20,69% (6 orang), kategori sedang 37,93% (11 orang), kategori rendah 20,69% (6 orang) dan sangat rendah 17,27% (5 orang). Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Discovery Learning, Transformasi.
Copyrights © 2020