Upaya meningkatkan efisiensi penyediaan aplikasi pembelajaran matematika perlu dilakukan sehingga terdapat berbagai alternatif dan inovasi baru yang dapat diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Salah satunya adalah perancangan Game Platform berbasis web pada materi eksponen. Software yang digunakan dalam pembuatan game ini adalah aplikasi komputer Construct 2. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses perancangan dan hasil pengembangan media pembelajaran Game Platform berbasis web pada materi eksponen yang valid. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Research untuk menghasilkan prototipe media pembelajaran game platform berbasis web pada materi eksponen yang valid. Sumber data penelitian ini adalah hasil validasi dari validator yang dianalisis secara kualitatif. Instrumen pendukung yang digunakan untuk memperoleh data penelitian terdiri dari dua jenis istrumen yaitu lembar observasi awal dan lembar validasi. Hasil analisis tersebut digunakan untuk merancang prototipe Game Platform berbasis web pada materi eksponen yang kemudian akan divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan empat dari lima validasi yang diberikan pada validator menyatakan media ini valid dan layak digunakan serta diuji coba di lapangan dengan revisi dan saran dibagian bentuk game, sedangkan berdasarkan hasil uji fungsionalitasnya, Game Platform berbasis web pada materi eksponen menunjukkan seluruh fungsi menu dan tombol yang ada di dalam aplikasi telah berjalan sesuai dengan fungsinnya. Kata Kunci: Game Platform, Eksponen, Media Pembelajaran, Construct 2,Validasi.
Copyrights © 2020