Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji dukungan: 1) kualitas inputsiswa, komitmen guru, dan sarana prasarana, 2) kualitas input siswa, 3) komitmenguru dan 4) sarana prasarana terhadap kemandirian belajar kimia di SMK Pancasila1 Wonogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desainkorelasional menggunakan proporsional random sampling yang populasinya seluruhsiswa kelas XI, sebanyak 502 siswa. Data diambil melalui angket tertutup. Teknikpengumpulan data dibantu dengan observasi dan wawancara. Teknik Analisis Datamenggunakan Uji Regresi Linear Ganda. Hasil penelitian ini adalah 1) DukunganKualitas Input Siswa, Komitmen Guru, dan Sarana dan Prasarana secara serentakberpengaruh terhadap Kemandirian Belajar Siswa yaitu dipengaruhi adanya sarana prasarana, dalam hal ini perangkat lunak komputer, 2) Dukungan Kualitas Input Siswaberpengaruh signifikan terhadap Kemandirian Belajar Siswa yang bermakna jikasumber daya manusia dapat efektif dan efisien maka suatu organisasi akan menjadimaju, 3) Dukungan Komitmen Guru berpengaruh signifikan terhadap KemandirianBelajar Siswa yaitu mempengaruhi kinerja salah satu wujudnya muncul kemandirianbelajar siswa dan 4) Dukungan Sarana dan Prasarana berpengaruh signifikan terhadapKemandirian Belajar Siswa yaitu mendukung metode guru dalam pembelajaran yangsalah satu tujuannya membangkitkan sifat kemandirian belajar siswa.
Copyrights © 2019