Jurnal Pendidikan Islam
Vol 2, No 1 (2018): Juni

Hubungan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot (PAIKEM GEMBROT) dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK

Ashari, Mohamad Yahya (Unknown)
Hamim, Sylvia Almahbubah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran guru harus menguasai berbagai cara mengajar. PAIKEM GEMBROT sebagai acuan pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan Penelitian mendeskripsikan PAIKEM GEMBROT dalam pembelajaran PAI, pembelajaran PAI dan hubungan PAIKEM GEMBROT dengan pembelajaran PAI. Jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis menggunakan rumus prosentase dan rumus korelasi product moment. Prosentase PAIKEM GEMBROT sebesar 39,17%, Sedangkan pembelajaran PAI sebesar 38,04%. Keduanya tergolong belum baik, karena termasuk kategori <40%-0%. Hasil Analisis korelasi product moment yaitu rhitung 0,990 dengan rtabel0,339 dengan taraf signifikansi 5% ini, berarti rhitung lebih besar dari pada rtabel (0,990 > 0,339) sehingga Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Disimpulkan, terdapat hubungan yang signifikan PAIKEM GEMBROT di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam (JPI) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar pendidikan Islam ditinjau dari berbagai aspek dan sudut pandangnya. Jurnal ...