Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 6 No 4 (2021): Volume 6 Nomor 4, November 2021

Analisis Aktivitas Diskusi Kelompok dalam Memberikan Umpan Balik (Feed Back) pada Pembelajaran Program Linier

Bhakti Setya Budi (Universitas Negeri Malang)
Susiswo Susiswo (Universitas Negeri Malang)
Subanji Subanji (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas diskusi yang dilakukan siswa dalam kelas. Aktivitas yang diteliti meliputi aktivitas verbal guru, aktivitas verbal siswa, serta aktivitas umpan balik yang dilakukan guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. dengan materi Program Linier. Metode pengambilan data dengan menggunakan video rekaman pembelajaran kemudian dibuat transkrip percakapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran diskusi kelompok yang diintegrasikan dengan umpan balik dapat memberi kesempatan siswa belajar dari ide/gagasan orang lain dan dapat segera mengatasi kesulitan yang dialami serta dapat memperkuat keyakinan atas tanggapan yang benar. Siswa belajar bagaimana berkomunikasi, menghargai orang lain dalam berpendapat, serta bagaimana membuat keputusan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...