Tujuan penelitian ini secara khusus adalah mengembangkan laboratorium virtual biologi berbasis STEM yang diharapkan meningkatkan kemampuan komunikatif mahasiswa. Metode penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan. Penelitian ini merupakan Research and Development  (R & D). Prosedur penelitian meliputi tahapan One-to-one Evaluation (Evaluasi Satu-satu), Small Group Evaluation (Evaluasi Kelompok Kecil), dan Field Trial (Uji Coba Lapangan). Produk hasil penelitian berupa laboratorium virtual biologi dan instrumen komunikatif. Hasil uji coba alpha tentang kualitas produk diketahui bahwa produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik, hasil uji coba beta menunjukkan produk memiliki kriteria baik, dan hasil evaluasi sumatif memperlihatkan bahwa produk hasil pengembangan memiliki kriteria baik. Hasil evaluasi sumatif memperlihatkan bahwa produk yang dikembangkan dapat meningkatkan ketuntasan belajar mahasiswa dari kriteria rendah menuju kriteria tinggi. Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi antara mahasiswa yang diajar dengan produk hasil pengembangan dan mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran tradisional. Produk penelitian dikembangkan hanya menampilkan salah satu kegiatan praktikum dan masih banyak kegiatan praktikum lain yang belum dibahas dan perlu dikembangkan. Selain itu, produk yang dikembangkan ini hanya diujicobakan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Khairun, sehingga masih mungkin dilakukan penelitian dan uji cobanya secara luas sehingga dapat dilihat efektifitas kemanfaatan produk ini secara luas. Kata kunci: Laboratorium Virtual Biologi, Kemampuan Komunikasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020