SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 5, No 2 (2020): EDISI OKTOBER 2020

PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 10 SMA NEGERI 4 HALMAHERA SELATAN PADA MATA PELAJARAN STRUKTUR ATOM

Safira Farid (Unknown)
Nur Asbirayani Limatahu (Unknown)
Sudir Umar (Unknown)
Muliadi Muliadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Halmahera Selatan pada materi struktur atom. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimen One group pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 4 Halmahera Selatan yang berjumlah 20 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu secara Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupan soal essaysebanyak 11 item. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pengujian statistik SPSS 21.0. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Halmahera Selatan pada materi struktur atom terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Halmahera Selatan sesuai dengan hasil uji statistik thitung > ttabel  atau 7,876 > 1,729 dengan besar peningkatan 43,6 %. Kata Kunci:  Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Sturktur Atom, Uji Statistik SPSS 21.0

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...