Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Halmahera Selatan pada materi struktur atom. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimen One group pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 4 Halmahera Selatan yang berjumlah 20 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu secara Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupan soal essaysebanyak 11 item. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pengujian statistik SPSS 21.0. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Halmahera Selatan pada materi struktur atom terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Halmahera Selatan sesuai dengan hasil uji statistik thitung > ttabel atau 7,876 > 1,729 dengan besar peningkatan 43,6 %. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Sturktur Atom, Uji Statistik SPSS 21.0
Copyrights © 2020