Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN IPA BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP LISTRIK SISWA SMP

Sudirman Sudirman (Unknown)
Kistiono Kistiono (Universitas Sriwijaya)
Hamdi Akhsan (Universitas Sriwijaya)
Melly Ariska (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

Sebagai tenaga pengajar di LPTK harus mampu menghasilkan lulusan mahasiswa calon guru yang profesional tentunya tidak bisa lepas dari cara mengelola pembelajaran. Salah satunnya mengembangkan instrumen  penilaian. Penelitian ini menggunakan metoda pengembangan (resesarch development) Four D yang terdiri 4 tahap yaitu definisian (define), perancangan (design),  pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pada tahap awal dimulai dari analisa kebutuhan, ternyata banyak guru dalam menggunakan penilaian didominasi ranah pengetahuan  sedangkan ranah sikap dan keterampilan jarang dilaksanakan. Pada tahap perancangan dikembangan soal-soal pilihan ganda untuk ranah pengetahuan, dan ranah sikap  dan keterampilan dibuat rubri penilaian yang didasarkan pada kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan indikator dalam silabus. Selanjutnya dirancang lembar validasi untuk memvalidasi instrumen penilaian sikap dan keterampilan yang akan dikembangkan. Pada tahap pengembangan soal-soal divalidasi dengan uji validitas dan reliabelitas secara statistik dan diperoleh nilai 0,7 dan 0,55 dengan kategori valid dan reliabel. Instrumen rubrik sikap dan keterampilan divalidasi oleh ahli dari segi isi, bahasa, desain, dan ciri-citi berpikir kritis. Dari hasil validasi ahli instrumen yang dikembangkan diperoleh hasil dengan rata-rata 0,85 dengan kategori valid. Dari hasil angket tentang instrumen penilaian sikap dan keterampilan  yang disebarkan kepada guru-guru SMP berlatar belakang fisika di beberapa kabupaten sampel diperoleh rata-rata 86 dengan kategori sangat baik. Pada tahap penyebaran yang telah dilakukan adalah dalam bentuk makalah yang diseminarkan nasional. Sebagai kesimpulan  dihasilkan  instrumen penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan  secara valid, praktis dan reliabel pada  SMP pada bahasan listrik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...