Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 7, No 2 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Muhammad Muslim (Universitas Sriwijaya)
Zulherman Zulherman (Universitas Sriwijaya)
Melly Ariska (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan modul elektronika dasar berbasis proyek untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika Unsri. Penelitian model inovasi kegiatan pelaksanaan praktikum yang dimaksud  diberi nama praktikum berbasis proyek (PBP).  Dalam implementasinya model ini menggunakan empat proses;  koneksi, desain,  investigasi dan membangun pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika FKIP UNSRI pada perkuliahan elektronika dasar. Metoda yang digunakan dalam penelitian adalah Research dan Development (R&D) yang  mengacu pada penelitian pengembangan yang merujuk pada Thiagarjan (1974) dengan langkah-langkah: (a) Tahap Pendefinisian (define), (b) Tahap Perencanaan (Design), (c) Tahap Pengembangan (Develop) dan (d) Tahap Diseminasi (Disseminate). Efektivitas penerapan modul praktikum berbasis proyek yang dikembangkan ditentukan berdasarkan perbandingan <g> antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik pengujian statistik parametrik (uji-t). Dari hasil penelitian diperoleh data perbedaan yang ditujukan table 2.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...