AbstrakKurangnya pendidikan karakter pada siswa melatarbelakangi penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui ekstrakurikuler pramuka sebagai bentuk kegiatan menanamkan nilai-nilai karakter upaya pembina pramuka dalam menanamkan nilai-nilai tersebut dan nilai nilai karakter apa saja yang terdapat dalam ekstrakuriukler pramuka yang dilaksanakan di SDN 2 blado. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, instrumen observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter yang di pahami atau didapatkan oleh siswa diantaranya: Mengerjakan ibadah, Tegas, Bergotong royong, Disiplin, Jujur, Sopan santun, Percaya diri, Menghormati, Bekerja keras, Keberanian, dan Berbagi sesama. Upaya yang dilakukan pembina dalam menanamkan nilai katrakter melalui kegiatan pramuka yaitu :Â Belajar sambil melakukan , Â kegiatan di alam terbuka, sistem beregu, dan satuan terpisah. Yang mana dalam metode kepramukaan ini memberikan kemudahan dalam penyampaian materi pramuka yang bersifat teori dan praktek yang tentunya akan lebih mudah di pahami oleh siswa serta mengandung nilai pendidikan kepada siswa
Copyrights © 2020