Majalah Lontar
Vol 33, No 2 (2021): Majalah Lontar

ANALISIS MANAGEMEN FAKULTAS TERHADAP PENGELOLAAN MBKM PROGRAM STUDI DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN IKU PT

Ida Dwijayanti (Universitas PGRI Semarang)
Maria Ulfah (Universitas PGRI Semarang)
Sukma Nur Ardini (Universitas PGRI Semarang)
Bagus Ardi Saputro (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Kebijakan MBKM merupakan kebijakan Mendikbud yang merupakan tindak lanjut dari ketentuan yang terdapat pada pasal 14 dan pasal 15 yang disebutkan dalam Permendikbud No.3 Tahun 2020 atau SN-PT. Artikel ini akan menganalisis pelaksanaan managemen Fakultas di lingkungan Universitas PGRI Semarang dalam pengelolaan MBKM program studi. Data dikumpulkan melalui studi literatu dan angket, serta wawancara. Selanjutnya data dianalisis dan diperkuat dengan berbagai dukungan teori dalam pembahasan. UPGRIS sepanjang Tahun 2020 sd 2021 turut aktif dalam menangkap berbagai peluang terkait implementasi MBKM dan pencapaian IKU PT. Tahun 2020, UPGRIS mengawali perolehan bantuan pendaanaan pada hibah Kerjasama Kurikulum MBKM. Tahun 2021, UPGRIS mendapatkan berbagai pendaanaan antara lain (1)Fasilitasi Tracer Study (2) KMMI (3)Kampus Mengajar Angkatan I dan II (4)PMM (5)Penyelenggaraan RPL (6) Pendampingan SMKPK (7)Program Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MBKM (8)PKKM (9)Program Studi Independen mahasiswa (10)Talenta Inovasi Indonesia. Untuk manajemen Fakultas terhadap pengelolaan MBKM Program Studi dalam hal kemudahan layanan administrasi kegiatan MBKM di Tingkat Fakultas mencapai hasil penilaian Sangat Baik 42,8%, Baik 48,6%, ukup baik 8,2%, Kurang baik 0,4%. Managemen Fakultas dapat melakukan pengelolaan MBKM Program Studi yang sangat baik sehingga dapat mendukung IKU PT.Kata Kunci : fakultas, IKU, managemen, MBKM, program studi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

LONTAR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

- Penelitian Tindakan Kelas - Penelitian Desain Dikdaktis - Penelitian Kualitatif - Penelitian ...