Management Analysis Journal
Vol 6 No 1 (2017): Management Analysis Journal

Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing dengan Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kemitraan

Aristiyo, Roro (Unknown)
Murwatiningsih, Murwatiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran secara langsung dan tidak langsung melalui keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM Batik Kabupaten Banyumas, yang berjumlah 41 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh, diperoleh jumlah sampel sesuai dengan jumlah populasi yaitu 41 responden. Metode penelitian menggunakan analisis regresi dan analisis jalur (path analysis) melalui alat analisis SPSS Statistik 16. Hasil penelitian menyatakan bahwa orientasi kewirausahaan, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran memiliki nilai signifikan Pengaruh kemitraan terhadap kinerja pemasaran memiliki nilai tidak signifikan. Pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan kemitraan terhadap keunggulan bersaing memiliki nilai signifikan. kemudian untuk pengaruh mediasi dihasilkan bahwa pengaruh total ketiga variaebel bebas lebih besar dari pengaruh langsungnya. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa hanya kemitraan yang tidak berpengruh langsung terhadap kinerjx pemasaran, sedangkan keunggulan bersaing memediasi pengaruh tidak langsung orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

maj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Analysis Journal (MAJ) is an open-access electronic journal focusing on scientific work on the field of business. This journal applies the theory developed from business research and connects it to actual business situations. The articles within this journal are published quarterly ...