Management Analysis Journal
Vol 6 No 4 (2017): Management Analysis Journal

Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing

Musrifah, Musrifah (Unknown)
Murwatiningsih, Murwatiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan dari variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan keunggulan bersaing pada kinerja pemasaran, serta keunggulan bersaing sebagai variabel intervening pada home industry emping melinjo di Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua home industry emping melinjo di Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen sebanyak 2.522 unit usaha. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan rumus Slovin, error ditetapkan 9,8%. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data berupa deskriptif persentase dan path analysis menggunakan program IBM Statistics SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif tetapi tidak signifikan pada kinerja pemasaran. Orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja pemasaran. Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Simpulannya adalah kenaikan dari orientasi pasar belum tentu meningkatkan kinerja pemasaran home industry emping melinjo di Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

maj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Analysis Journal (MAJ) is an open-access electronic journal focusing on scientific work on the field of business. This journal applies the theory developed from business research and connects it to actual business situations. The articles within this journal are published quarterly ...