Edu Elektrika Journal
Vol 5 No 1 (2016): Edu Elektrika Journal

PERENCANAAN MODUL PRAKTIKUM Z80 SIMULATOR SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SISTEM MIKROPROSESOR Z80

faizal, alwi nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan Modul Praktikum Z80 Simulator Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Sistem Mikroprosesor Z80, untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran Praktik Sistem Mikroprosesor. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Analisis data menggunakan penilaian angket uji validasi pakar ahli aspek struktur penyajian untuk mengetahui kelayakan modul praktikum dan hasil tanggapan siswa sebagai hasil dari ujicoba penggunaan modul praktikum dikelas. Pada penelitian ini diperoleh hasil berupa modul praktikum dengan isi tujuh buah materi percobaan dinyatakan layak oleh pakar ahli untuk digunakan, dengan dasar penilaian terhadap kelayakan teknik penyajian mencapai 92.5%(sangat layak), kelayakan materi penyajian 89.3% (sangat layak) dan kelayakan penyajian pembelajaran 92.5% (sangat layak). Sedangkan untuk hasil tanggapan siswa terhadap ujicoba penggunaan modul praktikum memperoleh tanggapan positif dengan hasil angket pada 13 item soal memperoleh persetujuan dengan skor penilian mencapai ≥ 70% (setuju) dan rata-rata bernilai 80% (sangat setuju). Simpulan dari penelitian ini modul praktikum Z80 Simulator Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Sistem Mikroprosesor Z80 layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran mikroprosesor dan mampu untuk membantu proses kegiatan pembelajaran sistem mikroprosesor, khususnya Z80. Supaya program dapat digunakan dengan lebih mudah dan leluasa, kedepannya dapat dilakukan dengan cara membeli lisensi program Z80 Simulator secara resmi kepada pihak pengembang program yakni OSHONSOFT.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

eduel

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Edu Elektrika yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang ini menerbitkan artikel asli dari peneliti, praktisi profesional, maupun tenaga pendidik dari berbagai tingkatan (Dosen maupun Guru) mengenai isu dan tren terbaru yang terjadi secara nasional dan internasional ...