cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Elektrika Journal
ISSN : 22527092     EISSN : 27235602     DOI : https://doi.org/10.15294/eej.v10i2
Jurnal Edu Elektrika yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang ini menerbitkan artikel asli dari peneliti, praktisi profesional, maupun tenaga pendidik dari berbagai tingkatan (Dosen maupun Guru) mengenai isu dan tren terbaru yang terjadi secara nasional dan internasional dalam kurikulum teknik, pengajaran, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan guru teknik yang bertujuan untuk memajukan pengetahuan kita tentang teori dan praktik tentang keteknikan serta pendidikan teknik. Selain itu, jurnal ini juga membahas isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan lingkungan yang terkait dengan ilmu keteknikan.
Arjuna Subject : -
Articles 243 Documents
PENGEMBANGKAN LEARNING COMMUNITY SISWA KELAS X SMK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBASIS CTL PADA PEMBELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA Yulianto, Adi
Edu Elektrika Journal Vol 3 No 1 (2014): Edu Elektrika Journal
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe the application of CTL-based learning model STAD, develop community learning, and improve student learning outcomes in class X AV 1 SMK N 4 Semarang. This study was conducted in three cycles. Material each cycle is different but still within the power dynamic subject. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Community learning outcome data, affective and psychomotor learning outcomes derived from the observation sheet, cognitive learning outcomes obtained from the evaluation sheet. The results showed increased learning outcomes and the development of learning community class X AV 1 SMK N 4 Semarang after application of CTL-based learning model STAD on the subject of dynamic power.
PENERAPAN ANIMASI KARTUN 3D BERBASIS MUVIZU PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER Prameswari, Kirana Diyah
Edu Elektrika Journal Vol 5 No 1 (2016): Edu Elektrika
Publisher : Edu Elektrika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, terdapat beberapa faktor internal maupun eksternal yang mengurangi efektifitas pembelajaran pada materi perangkat keras di kelas VII SMP Al Madina Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media animasi kartun 3D Berbasis Muvizu, mengetahui hasil belajar dan respons siswa terhadap media, serta mengetahui bagaimana pengaruh media terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Desain One-Group Pretest-Posttest Design. Media animasi kartun 3D Berbasis Muvizu dikategorikan layak setelah melalui validasi dari sisi kualitas media maupun materi. Hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan uji gain dengan hasil 0.63 yang berada pada kategori sedang. Respons siswa terhadap media dari beberapa aspek menunjukkan respons positif. Perhitungan uji korelasi dan determinasi menunjukkan bahwa media animasi kartun 3D Berbasis Muvizu berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
IMPLEMENTASI MODUL SOFTWARE EXPRESS PCB 6. 1. 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDIO SMK PALAPA SEMARANG Junalia, Tino Nafis
Edu Elektrika Journal Vol 1 No 2 (2012): Edu Elektrika Journal
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar Teknik Audio Video di SMK PalapaSemarang ditentukan oleh guru, peranan siswa dan tersediannya sarana prasarana yangada, termasuk penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar. tujuan penelitianyang ingin dicapai adalah mengetahui sampai sejauh mana implementasi Modul softwareexpress PCB untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian TeknikAudio Video di SMK Palapa Semarang dalam menggambar jalur untuk PCB. Metodepenelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknikpengumpulan data adalah test dari evaluasi (test tertullis) kognitif dan psikomotor.Penilaian kognitif dan psikomotorik diperoleh dari lembar soal dan lembar praktek.Instrumen yang digunakan adalah test. Peningkatan hasil belajar antara siklus I ke siklusII aspek kognitif diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar 15,3 dan peningkatanketuntasan klasikal belajar siswa 47,1%. aspek psikomotor diperoleh peningkatan rataratahasil belajar 11,1 dan peningkatan ketuntasan klasikal belajar siswa 41,1%.
TRAINER LIFT 3 LANTAI MENGGUNAKAN PLC UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIK DASAR SISTEM KONTROL PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Ramadhan, Restu Candra; Andrasto, Tatyantoro
Edu Elektrika Journal Vol 4 No 1 (2015): Edu Elektrika Journal
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat trainer lift 3 lantai menggunakan PLC dengan menggunakan desain R&D (research and development). Trainer Lift 3 lantai yang telah dibuat untuk kemudian diujikan kepada para pakar dari dosen jurusan Elektro Unviresitas Negeri Semarang, guru yang memahami PLC, serta mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang untuk menguji kelayakan Trainer Lift 3 lantai menggunakan PLC. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif yang kemudian diubah ke dalam bentuk kuantitatif. Kemudian karena salah satu pakar meminta untuk melakukan uji – t sebagai syarat kelayakan dari Trainer yang telah dibuat, maka hasil dari perhitungan uji beda tersebut masuk dalam analisis data. Uji beda dilakukan dengan menggunakan pretest – posttest yang telah ditentukan oleh pakar. Penelitian ini melihat hasil dari pengujian produk yang akan diterapkan ke sejumlah responden. Hasil penelitian kemudian dijadikan suatu acuan pembuatan Trainer dan sebagai tolak ukur tentang kelayakan Trainer yang telah dibuat. Setelah dilakukan uji coba Trainer, diperoleh hasil dari penilaian uji pakar 80,55% (layak), dan hasil penilaian responden 82,7% (layak). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Trainer Lift 3 lantai menggunakan PLC layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah praktik dasar sistem kontrol prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.This study aims to create a 3-floor elevator trainer uses PLC by using the design of R & D (research and development). Trainer lifts 3 floors which have been made for later tested to the experts from the Department of Electrical Unviresitas faculty of Semarang, teachers who understand the PLC, as well as students majoring in Electrical Engineering Education Semarang State University to test the feasibility of the elevator Trainer 3 floors using PLC. Data were collected using a questionnaire technique. Analysis of the data using descriptive method which is then converted into quantitative form. Then, as one of the experts asked to do the test - t as eligibility requirements of Trainer has been made, the results of different test calculations are included in the data analysis. Different test performed using a pretest - posttest which have been determined by experts. The research looked at the results of the test product to be applied to a number of respondents. The results of the study and then used as a reference for the manufacture Trainer and as a measure of the feasibility Trainer that has been made. After testing Trainer, the result of the test assessment experts 80.55% (feasible), and the results of that survey 82.7% (feasible). Based on the results, it can be concluded that the Trainer lifts 3 floors using PLC fit for use as a medium of learning in the subject of the basic practice of control systems department of Electrical Engineering Education, State University of Semarang.  
RANCANG BANGUN APLIKASI ANDROID UNTUK MENGHITUNG BIAYA LISTRIK RUMAH TANGGA Oktaviyani, Ragil
Edu Elektrika Journal Vol 2 No 2 (2013): Edu Elektrika Journal
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perhitungan pembayaran listrik masih belum banyak dipahami dan diketahui oleh orang, ditambah lagi dengan adanya kenaikan tarif dasar listrik berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No.30 Tahun 2012 yang naik secara tiga tahap menimbulkan permasalahan baru berkaitan dengan pembayaran energi listrik, baik sistem reguler maupun sistem prabayar. Peneliti mencoba mengembangkan sistem perhitungan biaya listrik pada smartphone atau tablet PC bersistem operasi android karena banyak dimiliki masyarakat. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan aplikasi android sebagai alat penghitung biaya listrik rumah tangga. Langkah dalam penelitian ini meliputi menganalisis tarif dasar listrik, merancang tampilan dan membuat aplikasi android dengan bantuan software. Pengujian untuk mengetahui tingkat keakuratan aplikasi dibandingkan dengan nilai ketentuan Perusahaan Listrik Negara menggunakan metode MSE dan MAPE. Hasil MSE sistem reguler terkecil sebesar 0 dan MSE terbesar sebesar 0.13. Hasil MAPE sistem reguler diperoleh nilai terkecil sebesar 0% dan MAPE terbesar sebesar 0.0001%. Hasil MSE sistem prabayar terkecil sebesar 0.0016 dan terbesar 0.0028 serta MAPE sistem prabayar terkecil sebesar 0.3% dan terbesar sebesar 0.7%. Semakin kecil nilai MSE dan MAPE maka semakin besar tingkat keakurasian dari aplikasi android ini. Simpulan dari hasil tersebut aplikasi android dapat berfungsi untuk menghitung biaya listrik.
PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENGETAHUI PERBEDAAN TINGKAT KEAKTIFAN SISWA PADA SUBTEMA MENGENAL NAMA-NAMA HEWAN PELIHARAAN BAGI ANAK USIA DINI DI TK I GABUS Saputro, Hanggoro
Edu Elektrika Journal Vol 2 No 1 (2013): Edu Elektrika Journal
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi memiliki perkembangan besar pada dunia pendidikan. Fakta ini muncul persaingan antara satuan pendidikan. Multimedia digunakan untuk memperkenalkan nama-nama hewan peliharaan untuk siswa TK diharapkan untuk membantu salah satu situs di TK untuk menggunakan multimedia dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini "adalah penggunaan multimedia pembelajaran untuk TK dapat menunjukkan perbedaan tingkat aktif siswa dan bahan ajar sudah sesuai dengan curiculum belajar bagi siswa TK di lokasi penelitian. Reseacrh ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akibat dari penggunaan multimedia dalam membantu siswa TK tahu nama dan untuk mengetahui bagaimana cocok digunakan multimedia dalam membantu siswa TK tahu hewan peliharaan hewan peliharaan nama. sini multimedia digunakan sebagai pendukung pembelajaran di subtema "hewan". penelitian ini menggunakan satu studi kasus ditembak. instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada tingkat aktif perbedaan siswa yang signifikan . Hal ini dapat dilihat dari rata skor t-test siswa tingkat aktif di kelas A dan B. Itu dihitung 7,308 dan 0,000 atau lebih kecil dari significants ? = 0,05 kuesioner Kelayakan. dari media menunjukkan nilai rata-rata 3,1 (skala 4), sedangkan kuesioner bahan kesesuaian menemukan rata-rata 3.37 (skala 4). dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat siswa aktif di antara mereka yang pernah menggunakan multimedia dan mereka yang tidak menggunakannya dan multimedia yang digunakan telah yang cocok dengan kurikulum applid di TK 1 Gabus. Sebagai saran dari temuan penelitian ini, akan jauh lebih baik jika dalam proses pembelajaran subtema hewan peliharaan ", para guru menggunakan multimedia untuk membantu siswa mengetahui hewan peliharaan nama karena terbukti bahwa hal itu akan meningkatkan tingkat aktif siswa.Abstract
ANALISIS TRANSFORMATOR DAYA 3 FASA 150 KV/ 20 KV PADA GARDU INDUKUNGARAN PLN DISTRIBUSI SEMARANG Zaim, Mukhammad Rifat
Edu Elektrika Journal Vol 3 No 2 (2014): Edu Elektrika Journal
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam menyalurkan daya Gardu Induk memiliki alat/komponen listrik yang berupa transformator daya yang berfungsi untuk mentranformasikan daya listrik, dengan merubah besarnya tegangan sedangkan frequensinya tetap.Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk menganalisis arus nominal transformator daya 3 fasa 150 KV yang ada di Gardu Induk Ungaran; (2) untuk meneliti berapa besar rata-rata persentase arus pembebanan yang terjadi pada masing-masing unit transformator daya 3 fasa 150 KV yang ada di Gardu Induk Ungaran; (3) untuk menganalisis impedansi transformator daya 3 fasa 150 KV yang ada di Gardu Induk Ungaran; (4)untuk menganalisis sistem pendinginan transformator daya 3 fasa 150 KV yang ada di Gardu Induk Ungaran(5) untuk menganalisis daya semu (daya nyata) transformator daya 3 fasa 150 KV yang ada di Gardu Induk Ungaran(6)untuk mendeskripsikan gangguan-gangguan yang terjadi pada transformator daya 3 fasa 150 KV yang ada di Gardu Induk Ungaran. In distributing power substation have tools / electrical components such as power transformers which serves to transform the electric power, by changing the magnitude of the voltage while still frequensinya. The purpose of this study are: (1) to analyze the nominal current of 3-phase power transformers of 150 KV substation is in Unggaran; (2) to examine how much the average percentage of load currents that occur in each of the 3-phase power transformer unit 150 KV substation is in Unggaran; (3) to analyze the impedance transformer 3 phase power at 150 KV Substation Unggaran; (4) to analyze the cooling system 3-phase power transformers of 150 KV substation is in Unggaran (5) to analyze the apparent power (real power) 3 phase power transformers of 150 KV substation is in Unggaran (6) to describe the disturbances which occurs in 3 phase power transformers of 150 KV substation is in Unggaran.
ALAT PEMANTAU KESTABILAN PASTEURISASI SUSU Kurniawan, Irfan; Putri, Riana Defi Mahadji
Edu Elektrika Journal Vol 1 No 2 (2012): Edu Elektrika Journal
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Alat-alat dengan teknologi canggih telah banyak ditemukan seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Khususnya dibidang elektronika, segala aspek kehidupan manusia saat ini dan mendatang tidak akan lepas dari perkembangan teknologi ini.Pemantauan suhu presisi sangat dibutuhkan di dunia industri saat ini khususnya di dunia industri pangan dan minuman yang memiliki tingkat kadaluarsa. Salah satu aplikasi penggunaan pemantauan suhu presisi yaitu pada proses pasteurisasi. Metode perancangan alat pemantaun kestabilan pasteurisasi susu dengan membuat hardware berupa rangkaian elektronik yang berfungsi secara otomatis dengan menggunakan software, untuk mendeteksi suhu pemanasan susu kemudian membatasi suhu dan waktu pemanasan susu. Penyusunan laporan tugas akhir ini berdasarkan pada metode penelitian, metode dokumentasi dan metode studi pustaka. Alat Pemantau Kestabilan Pasteurisasi Susu ini menggunakan mikrokontroler AT Mega 8535 sebagai inti atau otak, yang di jalankan menggunakan program. Alat ini juga memakai sensor suhu DS18S20 sebagai pendeteksi suhu dimana sensor ini sudah memiliki output digital, dan alat ini menggunakan IC timer DS1307 yang berfungsi sebagai pengatur batas suhu, juga IC MOC3020 yang berfungsi sebagai pengatur batas suhu, dan juga LCD yang berfungsi untuk menampilkan pembacaan suhu, waktu, dan batas suhu yang semuanya sudah ditentukan dalam program. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian dan pembuatan alat pemantau kestabilan pasteurisasi susu ini adalah sebagai pembatas dan penyetabil suhu pemanasan pada suhu 800 sampai jangka waktu yang ditentukan yaitu 1 menit. Alat melakukan pemanasan susu sampai suhu mencapai batas yang ditentukan pada suhu 800 kemudian menyetabilkan suhu sampai jangka waktu yang ditentukan yaitu 1 menit.
SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN TELEVISI DENGAN METODE FORWARD CHAINING MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL Wibowo, Prasetyo Adi; Purbawanto, Sugeng
Edu Elektrika Journal Vol 4 No 2 (2015): Edu Elektrika Journal
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan berkembang pesatnya teknologi, memiliki televisi sangatlah mudah, namun perawatannya yang sulit. Akan sangat membantu jika memiliki pengetahuan tentang elektronika. Oleh karena itu dikembangkan sistem pakar untuk mendiagnosa kerusakan televisi. Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidangnya. Sistem pakar mencoba mencari solusi sebagaimana yang dilakukan seorang pakar. Sistem pakar juga dapat memberikan penjelasan terhadap langkah yang diambil dan memberikan saran atau kesimpulan yang ditemukannya. Mendeteksi kerusakan sejak dini dapat mencegah kerusakan lebih parah dan menangani kerusakan tersebut dengan benar. Sistem pakar dapat membantu untuk mendiagnosa kerusakan dan memberikan solusi atas kerusakan tersebut. Pembangunan sistem ini bertujuan untuk membantu pengguna mengatasi kerusakan televisi. Sistem ini dibangun menggunakan metode forward chaining. Forward chaining digunakan untuk menguji faktor-faktor yang dimasukkan dengan aturan yang disimpan dalam sistem hingga dapat diambil kesimpulan.  Sistem pakar ini memiliki fungsi khusus bagi pakar untuk menambah, mengubah dan menghapus pengetahuan atau aturan tanpa harus membuka database. Sistem pakar ini dibuat dengan menggunakan PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Due to advancement in technology getting a television is easy, but maintaining it is very difficult. It will be helpful if we have some knowledge on electronics. Here we develop an expert system for television troubleshooting. Expert system is computer-based system that uses knowledge, facts, and reasoning techniques in solving problems that typically can only be solved by an expert in their field. Expert system try to find a solution as did an expert. Expert system can also provide an explanation of the steps taken and give suggestions or conclusions discovery. Detecting damage at early stage can enable to overcome and treat them appropriately. This expert system can help a great deal in identifying those damage and describing methods of treatment to be carried out. Development of an expert system aimed at helping users to resolve the problem or damage to television. This system is built using forward chaining method. Forward chaining is used to examine the factors that put the rules stored in the system until it is concluded. This expert system has features for the expert to add, modify, and delete knowledge or rules without open the database. In order to built this expert system using PHP and MySQL for the database.
MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERALATAN TEGANGAN TINGGI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Alexandra, Erwin
Edu Elektrika Journal Vol 1 No 1 (2012): Edu Elektrika Journal
Publisher : Electrical Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini telah merambah ke dunia pendidikan. Salah satunya dapat dilihat dari penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran adalah salah satu unsur yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan pembelajaran yang selama ini diterapkan pada mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang sudah cukup baik, namun masih ada beberapa kendala yaitu kesulitan dosen dalam menjelaskan komponen-komponen peralatan tegangan tinggi di dalam kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuatlah penelitian yang bertujuan untuk membuat dan menguji kelayakan media pembelajaran peralatan tegangan tinggi.Kelayakan media pembelajaran peralatan tegangan tinggi dievaluasi berdasarkan tiga kriteria, yaitu kriteria kualitas teknis, kriteria tampilan program dan kriteria pendidikan. Uji kelayakan media dilakukan pada 30 mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang telah menempuh mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi, dan 4 dosen pakar media Universitas Negeri Semarang yang terdiri dari 3 dosen pakar media dari Jurusan Teknik Elektro dan 1 dosen pakar media dari Jurusan Seni Rupa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan pedoman penilaian acuan patokan.Hasil penelitian didapatkan media pembelajaran yang akan digunakan untuk pembelajaran empat kompetensi dasar mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi yaitu mahasiswa memahami fungsi alat-alat gardu induk, mengkaji pemutus daya, saklar pemisah dan pelindung tegangan lebih. Pada kualitas teknis, media dapat dijalankan tanpa CD mendapatkan skor total 15 dan dapat dimulai dengan mudah mendapatkan skor total 14. Pada kriteria tampilan program, pemakaian warna tidak mengacaukan tampilan mendapatkan skor total 13. Pada kriteria pendidikan, media mempunyai topik yang jelas mendapatkan skor total 5 dan juga memiliki soal latihan untuk evaluasi mendapatkan skor total 4.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan yaitu isi materi, penerapan warna, gambar, dan animasi yang sesuai. Selain itu, media ini dikatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi. Media pembelajaran yang telah dibuat terbatas pada empat kompetensi dasar yang tertera pada silabus mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan lagi untuk memenuhi kompetensi dasar yang lain.

Page 1 of 25 | Total Record : 243


Filter by Year

2012 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 2 (2022): Edu Elektrika Journal Vol 11 No 1 (2022): Edu Elektrika Journal Vol 10 No 2 (2021): Edu Elektrika Journal Vol 10 No 1 (2021): Edu Elektrika Journal Vol 9 No 2 (2020): Edu Elektrika Journal Vol 9 No 1 (2020): Edu Elektrika Journal Vol 8 No 2 (2019): Edu Elektrika Journal Vol 8 No 1 (2019): Edu Elektrika Journal Vol 7 No 2 (2018): Edu Elektrika Journal Vol 7 No 2 (2018): Edu Elektrika Journal Vol 7 No 1 (2018): Edu Elektrika Journal Vol 7 No 1 (2018): Edu Elektrika Journal Vol 6 No 2 (2017): Edu Elektrika Journal Vol 6 No 2 (2017): Edu Elektrika Journal Vol 6 No 1 (2017): Edu Elektrika Journal Vol 6 No 1 (2017): Edu Elektrika Journal Vol 5 No 2 (2016): Edu Elektrika Journal Vol 5 No 2 (2016): Edu Elektrika Journal Vol 5 No 1 (2016): Edu Elektrika Vol 5 No 1 (2016): Edu Elektrika Journal Vol 4 No 2 (2015): Edu Elektrika Journal Vol 4 No 2 (2015): Edu Elektrika Journal Vol 4 No 1 (2015): Edu Elektrika Journal Vol 4 No 1 (2015): Edu Elektrika Journal Vol 4 No 1 (2015): Edu Elektrika Vol 3 No 2 (2014): Edu Elektrika Journal Vol 3 No 2 (2014): Edu Elektrika Journal Vol 3 No 1 (2014): Edu Elektrika Journal Vol 3 No 1 (2014): Edu Elektrika Journal Vol 2 No 2 (2013): Edu Elektrika Journal Vol 2 No 2 (2013): Edu Elektrika Journal Vol 2 No 1 (2013): Edu Elektrika Journal Vol 2 No 1 (2013): Edu Elektrika Journal Vol 2 No 1 (2013): Edu Elektrika Vol 1 No 2 (2012): Edu Elektrika Vol 1 No 2 (2012): Edu Elektrika Journal Vol 1 No 2 (2012): Edu Elektrika Journal Vol 1 No 1 (2012): Edu Elektrika Vol 1 No 1 (2012): Edu Elektrika Journal Vol 1 No 1 (2012): Edu Elektrika Journal More Issue