Economic Education Analysis Journal
Vol 9 No 3 (2020): Economic Education Analysis Journal

Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Motivasi Kerja, Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa

Rusdarti, Rusdarti (Unknown)
Ambarwati, Novia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh prakerin, motivasi kerja melalui self-efficacysebagai variable intervening terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 453 siswa dan sampel sebanyak 124 siswa yang diambil dengan teknik Propotional Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis jalur,dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh prakerin terhadap self-efficacy sebesar (26,7%), ada pengaruh motivasi kerja terhadap self-efficacy sebesar (17%), ada pengaruh self-efficacy terhadap kesiapan kerja sebesar (44,3%), ada pengaruh prakerin melalui self-efficacy terhadap kesiapan kerja sebesar (13,99%) dan ada pengaruh motivasi kerja melalui self-efficacyterhadap kesiapan kerja sebesar (8,99%).Simpulan dari penelitian ini yaitu prakerin, motivasi kerja dan self-efficacy berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Demak, serta variabel self-efficacy mampu menjadi variabel intervening.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...