Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2022): Jurnal Panrita Abdi - Januari 2022

PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP SEBAGAI PEMBELAJARAN DI ERA PENDIDIKAN 4.0 BAGI GURU GEOGRAFI DI DAERAH SUMATERA SELATAN

Muhammad Rendana (Universitas Sriwijaya)
Stevanus Nalendra Jati (Universitas Sriwijaya)
Ardi Saputra (Universitas Sriwijaya)
Nurhayati Damiri (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2021

Abstract

In education 4.0, digital technology and information systems need to be implemente in the education sector from the school to the university level. Specifically, the Geographic Information System (GIS) application needs to be mastered for the geography teachers to develop creativity related to their learning material. Based on this reason, the community dedication activity aims to improve the competency of geography teachers in the South Sumatera Province in the application of GIS for environmental studies. The method used in this activity is the GIS webinar activity and the evaluation of the action using a questionnaire. The results found that all participating teachers have well understood the webinar material. It indicates the output of the comprehension index polls before and after joining the webinar, which increased from 35% to 86%. Besides, another result also showed that the majority of teachers gave high assessments of the percentage satisfaction index that related to some aspects such as webinar activity (91.9%), speaker (87.9%), and the relevance of webinar materials to their job (96.8%). In conclusion, this webinar activity has a tremendous positive impact in improving the competency of geography teachers, especially for the application of GIS for environmental studies. --- Pada era pendidikan 4.0 ini, penggunaan teknologi digital dan sistem informasi perlu diimplementasikan dalam bidang pendidikan dari tingkat sekolah hingga universitas. Untuk guru geografi khususnya, aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) sangat perlu dikuasai sehingga guru bisa mengembangkan kreativitas terkait materi ajar kepada siswa. Berdasarkan hal tersebut, tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru-guru geografi di daerah Provinsi Sumatera Selatan dalam pemanfaatan SIG untuk kajian lingkungan hidup. Metode yang digunakan yaitu kegiatan webinar SIG dan evaluasi kegiatan menggunakan kuesioner. Hasil kegiatan mendapatkan bahwa semua guru mampu memahami materi webinar yang disampaikan oleh narasumber dengan baik, ini ditunjukkan dengan hasil polling tingkat pemahaman peserta pada sebelum dan setelah pembekalan materi yang mengalami peningkatan dari 35% kepada 86%. Hasil evaluasi kegiatan juga menunjukkan bahwa mayoritas guru memberikan persentase indeks kepuasan yang tinggi terkait kegiatan webinar (91,9%), narasumber (87,9%), dan relevansi materi dengan pekerjaan (96,8%). Secara keseluruhan, kegiatan webinar ini memberikan dampak positif yang besar dalam peningkatan kompetensi guru-guru geografi terutama untuk penerapan SIG untuk kajian lingkungan hidup.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

panritaabdi

Publisher

Subject

Other

Description

Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin. Jurnal ini berisi hasil-hasil penghiliran penelitian pada bidang agrokompleks, medikal, teknosains, dan sosbudkum dan diterbitkan dua kali dalam ...